Sama seperti mobil pertama di dunia, sepeda motor pertama di dunia lahir di Jerman. Apakah
Gottlieb Daimler dan mitranya, Wilhelm Maybach, dua pakar mesin
empat-stroke Jerman, yang menciptakan sepeda motor pertama di dunia.
Pada tahun 1885, pasangan Daimler mesin empat-stroke berukuran kecil pada sepeda kayu. Mesin ditempatkan di tengah-tengah (antara roda depan dan belakang) dan dihubungkan dengan rantai ke roda belakang.Sepeda bermotor kayu bernama Reitwagen (riding car) dan merupakan sepeda motor pertama di dunia. Maybach
mencoba Reitwagen sejauh 3 kilometer di sepanjang Sungai Neckar, dari
Cannstatt ke Untertà ¼ rkheim, dengan kecepatan 12 kilometer per jam.
Pada waktu itu, Reitwagen tidak dijual untuk umum. Pemasangan
mesin pada sepeda kayu adalah serangkaian percobaan yang dilakukan oleh
Daimler dan Maybach, sebelum memasang mesin empat-stroke di kereta,
yang menjadi cikal bakal lahirnya mobil.
1893,
sepeda motor pertama yang dijual untuk umum dibuat oleh produsen sepeda
motor Hildebrand und wolfma ¼ ller di Munich, Jerman. Sepeda motor ini tidak menggunakan rantai. Roda belakang digerakkan langsung oleh poros engkol (crankshaft).
Motor ini dimiliki oleh John C Potter, gula pertama pabrik masinis Oemboel, Probolinggo, Jawa Timur, pada tahun 1893. Ia memerintahkan sepeda sendiri langsung ke pabrik di Munich. John
Potter tercatat sebagai orang pertama yang memiliki sepeda motor di
Indonesia, yang pada saat itu masih di bawah pendudukan Belanda, dan
disebut Hindia Belanda (Nederlands Indie).Sepeda
motor pertama kali masuk ke Amerika Serikat pada tahun 1895 ketika
seorang pemain sirkus Perancis membawanya ke New York. Disebutkan,
pada tahun yang sama, seorang penemu Amerika Serikat, EJ Pennington, di
Milwaukee, mendemonstrasikan sepeda motor yang dirancang sendiri. Pennington
mengatakan bahwa dia desain sepeda motor bisa dipacu dengan kecepatan
93 kilometer per jam, dan ia dianggap sebagai orang pertama yang
memperkenalkan istilah motorcycle (sepeda motor).
Produsen terbesar
1895, produsen sepeda Inggris, Triumph, memutuskan untuk juga membuat sepeda motor. Untuk itu, Triumph membeli sepeda motor Hildebrand und wolfma ¼ ller dan mempelajari bagaimana membuatnya. Empat tahun kemudian, tahun 1902, perusahaan memproduksi sepeda motor pertama, mesin Minerva buatan Belgia. Pada
tahun 1905, sepeda motor Triumph dalam produksi penuh itu sendiri, yang
menyandang mesin PK bertenaga tiga dan kecepatan maksimum 72 kilometer
per jam.
1903,
William S. Harley dan temannya, Arthur Davidson, memproduksi sepeda
motor di Milwaukee, Amerika Serikat, dan menyebutnya sebagai sepeda
motor Harley Davidson. Pada
tahun 1904, perusahaan lain AS, Indian Motorcycle Manufacturing
Company, yang berlokasi di Springfield, Massachusetts, muncul dengan
sepeda motor Indian Single.
Sama
seperti Triumph, tahun 1906, perusahaan Inggris lain, BSA, yang
merupakan singkatan dari Birmingham Small Arms, memproduksi mesin sepeda
motor dengan menggunakan Minerva, sebelum membuat mesin dengan
kapasitas 350 cc, 500 cc dan 595 cc sendiri.
Sampai
Perang Dunia I (1914-1918), Indian Motorcycle Manufacturing Company
adalah produsen sepeda motor dengan produksi yang terbesar di dunia. Setelah
Perang Dunia I, posisinya diambil alih oleh Harley-Davidson sampai
1928, ketika posisinya diambil alih oleh DKW (Jerman). Indian Motorcycle Manufacturing Company tutup pada tahun 1953 dan merek Indian diambil alih oleh Royal Enfield.
Pada
tahun 1921, konfigurasi mesin sepeda motor BMW hadir dengan 2 silinder
horizontal berlawanan (boxer) yang ditempatkan dalam rumah mesin tunggal
yang terbuat dari aluminium. BMW rear-wheel drive dengan Koppel (drive shaft).
Pada
1930 ada sekitar 80 merek sepeda motor di Inggris, termasuk Norton,
Triumph, AJS, dan merek lainnya yang tidak begitu terkenal, seperti New
Gerrard, NUT, SOS, Chell dan Whitwood.
Perkembangan
sepeda motor di Eropa, antara lain, juga dipicu oleh Perang Dunia II
(1939-1945), di mana sepeda motor dibuat untuk keperluan militer. Dan, pada saat itu, BSA membuat 126.000 M20 sepeda motor untuk Angkatan Bersenjata Inggris.
Setelah
Perang Dunia II, pada tahun 1946, desainer Italia, Piaggio, Vespa
skuter diperkenalkan dan langsung menarik perhatian dunia. Pada tahun 1946 juga, Italia produsen peralatan radio, Ducati, membuat mesin 50 cc, Cucciolo, yang melekat pada sepeda motor. Kapasitas Cucciolo kemudian direproduksi, mulai dari 60, 65, 98, sampai 125 cc.
Pada tahun 1949, Honda memproduksi sepeda motor Impian atau Model D, yang memegang dua stroke mesin dengan kapasitas 1998 cc. Namun,
suara mesin dua langkah yang berisik dan asap yang tajam berbau keluar
dari knalpot membuat mesin empat-stroke Honda berkembang. Tiga tahun kemudian, 1951, Honda memproduksi sepeda motor yang menyandang mesin empat-stroke, Dream E, dengan kapasitas 146 cc.
Pada tahun 1951, Grup BSA (Inggris) membeli Triumph Motorcycles dan menjadi produsen sepeda motor terbesar di dunia. Posisi BSA diambil alih oleh NSU (Jerman) pada tahun 1955. Namun, sejak 1970-an sampai sekarang, Honda tercatat sebagai produsen sepeda motor terbesar di dunia.
Pada tahun 1952, Honda memproduksi sepeda motor yang dikenal sebagai cub. Jenis
motor bebek sangat populer sehingga modelnya ini ditiru oleh pembuat
sepeda motor asal Jepang, seperti Kawasaki, Yamaha, dan Suzuki.
Pada tahun 1955, Suzuki memproduksi sepeda motor yang menyandang mesin berkapasitas 125 cc, empat langkah, dan 1 silinder. Namun, 10 tahun kemudian, Suzuki juga menyebar ke mesin dua langkah, yang merupakan spesialisasi.
Pada tahun 1955, Yamaha YA-1 produksi dan dikenakan sepeda motor dua stroke mesin dengan kapasitas 125 cc. Pada
tahun 1970, 15 tahun kemudian, Yamaha XS-1 diproduksi menyandang mesin
empat-stroke berkapasitas 650 cc, dalam konfigurasi V.
Kawasaki muncul agak belakangan. New Kawasaki memproduksi sepeda motor pertama, B8, pada tahun 1961. Output sepeda motor Kawasaki membawa dua stroke mesin dengan kapasitas 125 cc. Pada tahun 1973 atau 12 tahun kemudian, memproduksi Kawasaki Z1 Kawasaki, yang memegang mesin empat-stroke berkapasitas 900 cc.
Sosok,
mesin yang handal menarik dan mudah untuk mempertahankan, serta harga
yang kompetitif membuat motor asal Jepang, yakni Honda, Suzuki, Yamaha,
dan Kawasaki, sangat populer dan sampai sekarang mendominasi pasar
sepeda motor dunia.
Namun, nama-nama Harley Davidson tetap menjadi populer, terutama di Amerika Serikat. Demikian pula, BMW, Triumph, dan Ducati.
Pada
tahun 2006, perusahaan Belanda EVA Products BV Holland mengumumkan
kehadiran sepeda motor diesel komersial yang pertama, Track T-800CDI. Mengingat sepeda motor 800 cc mesin diesel, 3 silinder, dibuat Daimler. Namun,
perusahaan pembuat sepeda motor lain, termasuk Royal Enfield, juga
memproduksi sepeda motor bermesin diesel, paling tidak sejak tahun 1965.
Sejarah Sepeda Motor
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar