Geometri bagian depan sepeda motor

Pergi sedikit teori dengan gambar dan rencana! Seperti teman saya Jean-Jacques telah menunjukkan keinginannya untuk mengubah hubungan dengan garpu rumput, beberapa kata pada karakteristik geometris garpu (saya lupa JBB untuk hari ini).
Dimensi dasar:
- Diameter luar (diameter roll) ban,
- Sudut Headstock,
- Kuil tanah atau drag,
- Offset.

Diameter luar ban tidak menelepon untuk setiap komentar tertentu jika tidak dianggap bahwa konstanta untuk sepeda motor dipelajari. Bahkan, ban yang cacat, diameter ini sedang mengalami beberapa perubahan. Kadang-kadang kita mengganti ban dan dimensi tidak semua pada identik. Lagi pula, jadi kami menganggap bahwa diameter ini adalah D (D = 590 mm dalam contoh).
Sudut headstock adalah sudut antara sumbu kemudi dengan vertikal, dengan sepeda motor pada dua roda pada permukaan tanah. Sekali lagi diasumsikan bahwa nilai ini adalah A konstan (di sini, A = 23 derajat). Tapi sudut ini bervariasi jika Anda mengubah suspensi mengemudi.
Kuil ke tanah (juga disebut drag) adalah jarak yang diukur di permukaan tanah antara titik teoritis kontak ban di tanah dan titik pertemuan dari sumbu kemudi dengan tanah. Fiuh! Saya pikir itu jelas pada gambar! Perhatikan jejak T. T di sini adalah 110 mm.
Offset atau pergeseran (offset untuk bahasa Inggris) adalah jarak antara sumbu kemudi dan pusat roda. Kami akan memanggil E karena D sudah digunakan! E sebagai "kesenjangan" tidak memiliki nilai yang ditunjukkan pada gambar. Memang, jika D, A dan diketahui dan dikenakan pajak maka nilai E T dapat disimpulkan dari ketiga dimensi. Jadi kita memiliki empat nilai-nilai lain saling tergantung. Sebelum memberikan rumus yang berkaitan nilai-nilai bersama, beberapa rincian teknologi:
Kemudi sumbu hal yang jelas, adalah poros di mana garpu berputar relatif terhadap rangka motor. Ini adalah sumbu kolom kemudi, biasanya dilengkapi dengan bantalan dapat mendukung beban radial dan aksial. Sudut antara sumbu kemudi dan garis tertentu, terhubung ke frame, sempurna tidak berubah (kita berada dalam kasus garpu sepeda motor konvensional, bukan sepeda motor unsprung inden). Sudut ini sering disebut "menyapu" jika mengacu ke "vertikal" frame kanan. Tapi "vertikal" bingkai vertikal yang tepat pada posisi yang sangat spesifik tersebut. Ini adalah masalah ketika mencoba untuk membangun atau memodifikasi bingkai. The "produsen" sudut headstock data, wheelbase, drag ... dll diukur nilai untuk posisi standar sepeda di tanah. Tapi itu tidak pernah menentukan beban pada suspensi. Adalah bahwa sepeda motor itu kosong? Semua dibuat penuh? Dengan sopir? Berapa massa? ... Yang terbaik adalah jika perubahan fase adalah untuk mengukur sepeda sebelum mengubah, kosong dan tanpa sopir pada permukaan tanah yang baik. Kita harus mencoba untuk menjaga sepeda tepat seimbang dengan jari pada setiap sisi dari kursi belakang .... dua lebih baik!
Segi teknis lain: tidak membingungkan sumbu geser lengan atau tabung garpu dan sumbu kemudi. Kadang-kadang dua sumbu (lihat lateral ke kanan atau kiri) digabungkan dan offset baik di tingkat atas klem tiga, atau turun dengan poros roda dideportasi. Kadang-kadang, kedua sumbu sejajar namun dipisahkan oleh beberapa sentimeter. Ada juga sepeda garpu asli (yang digunakan dalam Tecmas) atau sumbu adegan tidak sejajar dengan sumbu arah, tapi aku akan kesampingkan sekarang ini yang mendukung sistem konvensional untuk sepeda motor atau skuter seri .
Untuk perhitungan kita tertarik pada posisi sumbu adegan tidak relevan. Sebuah posisi lebih atau kurang saluran maju dan tabung mempengaruhi ukuran garpu dan sudut kemudi, tetapi tidak secara langsung berhubungan dengan sungai tersebut empat parameter. Yang penting adalah "nyata" offset atau offset "berguna", yaitu (saya ulangi) jarak antara sumbu kemudi dan pusat roda.Dengan zoom pada gambar pertama dapat menunjukkan angka dengan dua segitiga kanan proporsi yang sama.Yang terbesar, merah memberi kita dimensi x:x = T / A tan(Reminder: tangen = berlawanan / berdekatan sisi)The segitiga biru kecil memberikan:sin A = W / (D / 2 - x) adalah E = (D / 2 - x). dosa A(Reminder: sinus = berdekatan samping / miring)Dengan mengganti x dengan ekspresi (ya, x, kita tidak ingin menyimpannya!)E = (D / 2 - T / A tan). sin A = (D / 2) dosa A -. t. Sebuah dosa / tan AKita ingat bahwa tan A = sin A / cos A dan pada akhirnya:E = (D / 2) dosa A -. T. cos AItu indah, bukan? Aplikasi: E = (590/2). sin 23 ° - 110. cos 23 ° = 115,26-101,25 = 14,01Sekitar 14 mm offset.Di bawah ini Anda akan menemukan beberapa contoh:- Sebuah roda skuter sumbu mengimbangi arah depan,- Sebuah skuter poros mengimbangi arah belakang + tees offset,- Sebuah sepeda motor (Harley) Klasik (kecuali untuk nilai besar) dengan diimbangi hanya pada tee,- Honda NR 500 (4 kali kecepatan 80) dengan adegan yang sangat canggih dan diimbangi melalui tee.

0 komentar:

Posting Komentar

Archives

Blog Archive